Sistem Pendidikan Di Amerika Dalam Ancaman Keruntuhan

Beberapa waktu lalu saya membaca sebuah berita menarik dari New York Times tentang Kondisi Pendidikan di Amerika dimana terjadi gelombang pengunduran diri guru dalam jumlah yg cukup besar.

Gaji yang rendah menyebabkan banyak guru bekerja dua bahkan tiga pekerjaan sampingan. Sementara itu beban kerja guru setelah pandemi terus meningkat. Keputus asaan guru semakin bertambah ketika dukungan dana pemerintah ke sekolah2 juga minim, belum lagi soal perlindungan, soal sumber daya dll.

Pengunduran diri menyebabkan banyak kelas kosong tanpa guru. Kekuran

gan guru berefek banyak mapel diisi oleh guru yg bukan bidangnya, agar kegiatan belajar mengajar terus berjalan.

"i'm exhausted" - "saya sudah lelah" (kata seorang guru)

"You don't respect us, you don't appreciate us.."  ("kalian tidak menghormati kami, tidak menghargai kami")

(kata guru lainya di depan para politisi)

Kisah diatas sekelumit wajah pendidikan di Amerika hari ini.. 

NewYork Times dalam narasinya menyebut "Education system is crumbling, failure by design.." (sistem pendidikan Amerika sedang mengalami keruntuhan, di disain utk gagal)

Dan setahu saya fenomena ini tidak hanya terjadi di Amerika, tahun lalu di negara-negara Britania Raya banyak guru bahkan kepala sekolah juga protes dan memutuskan berhenti dengan alasan yg kurang lebih mirip. Biaya operasional sekolah tinggi tapi anggaran dari pemerintah terbatas. Banyak kepala sekolah tidak sanggup lagi memutar otak agar kegiatan sekolah berjalan sesuai ekspektasi masyarakat..😇

Di indonesia? Kondisi-kondisi sulit seperti diatas bukanlah hal yang aneh, sudah dianggap lumrah. Hanya saja Guru-guru disini punya mentalitas yg seharusnya dicontoh negara-negara maju. Disini, atas nama pengabdian guru harus punya stok sabar segudang, selalu berprasangka positif, lebih memilih mengalah - mengikuti daripada bersuara lantang ujungnya sakit hati. Dan disini, sejak zaman romusha kita sudah cukup senang dengan propaganda dan slogan yg membuai dan membesarkan hati, meski seringkali kebutuhan dasar belum terpenuhi.

Sehat-sehat dan tetap semangat untuk teman2 guru semua. Selamat berakhir pekan..

"Being a teacher was never easy, right? Anywhere you are.."

Tabik 🙏

#teacherwellbeing

#teacherselfcare

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment