Tugas Poster Sejarah Nasionalisme & Revolusi


Tugas Poster Sejarah Nasionalisme & Revolusi

Minggu ini saya memberikan tugas kepada anak-anak untuk membuat poster. Tema poster adalah materi terkait dengan materi revolusi – revolusi besar dunia dan nasionalisme Asia - Afrika. Pada minggu sebelumnya Anak2 sudah dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan poster sesuai materi yang telah dibagikan, kemudian mempresentasikanya di depan kelas. Setelah melihat poster hasil pekerjaan mereka, saya cukup puas walaupun dari segi konsep, isi dan design masih banyak yang harus diperbaiki.

Memberikan tugas berupa proyek  kepada siswa memang harus disertai bimbingan, intruksi yang detail, prosedur yang jelas ataupun contoh visualisasi agar siswa memahami benar tujuan pembelajaran atau hasil produk yang  kita inginkan. Sepertinya dalam kegiatan kali ini hal-hal tersebut tidak maksimal saya lakukan, oleh karenanya saya merasa seharusnya siswa/i saya bisa melakukanya lebih baik dan menghasilkan sebuah karya poster yang tidak saja secara artistik menarik tapi secara konten juga memuaskan.

namun demikian saya tetap bangga dengan mereka. semangat mereka dalam mengerjakan tugas yang saya berikan, ketepatan waktu ketika mengumpulkan tugas, kemampuan mereka dalam mempresentasikan materi poster di depan kelas, serta antusiame dalam mengikuti kegiatan belajar sejarah adalah nilai2 afeksi yang tidak kalah pentingnya dengan tugas poster itu sendiri...

berikut ini adalah contoh-contoh poster hasil karya siswa/i :
Poster Nasionalisme Turki

Poster Nasionalisme Mesir

Poster Revolusi Perancis

Poster Revolusi Rusia
 
Rubrik Penilaian Poster


Previous
Next Post »
Thanks for your comment